Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Niche Blog Paling Tepat Ini Wajib Anda Lakukan !

Memilih niche blog merupakan bagian cara pertama yang wajib segera Sobat laksanakan jika memang ingin memulai aktivitas ngeblog. Topik blog memiliki peranan sangat dominan bagi kesuksesan blog Sobat. Karena dengan memiliki niche jelas, Sobat akan mendapatkan lebih banyak pengunjung setia, mereka tentu betah berkunjung ke blog Sobat daripada membuang waktu mengakses informasi di blog berniche tidak tepat.

Cara Menentukan Niche Blog

Adapun beberapa keuntungan yang Sobat dapatkan jika Sobat memiliki blog yang nichenya bagus. Pertama, para pembaca artikel blog merasa lebih kerasan dalam menelusuri artikel-artikel di blog Sobat, karena mereka dapat mencari artikel tanpa harus bersusah payah klik sana klik situ. Kedua, pageview blog Sobat akan meningkat, karena dengan memiliki banyak artikel yang berhubungan, pengunjung biasanya akan mengklik satu persatu artikel yang disediakan oleh blog Sobat walaupun belum tentu benar-benar dibutuhkan.

Mengapa wajib memilih niche blog dengan benar?, karena niche merupakan salah satu faktor penentu  seberapa lama Sobat akan bertahan dalam dunia blogging. Dengan memilih niche yang benar, semangat Sobat ketika sedang menulis suatu artikel akan meningkat , dalam artian artikel yang Sobat buat akan memiliki kualitas yang lebih baik. Berbanding terbalik jika Sobat salah dalam memilih niche, Sobat akan merasa bosan ketika ingin membuat sebuah artikel, dan ide baru akan menjadi lebih sulit didapatkan.

Berikut beberapa tips memilih niche blog, dan Admin harapkan dapat membantu Sobat dalam menentukan niche tepat untuk blog  maupun website Sobat:

1. Pilihlah Niche Sesuai Passion Sobat !

Admin yakin, pasti  Sobat sudah mengetahui apa itu passion, walau demikina tidak ada salahnya jika Admin sampaikan kembali  penjelasan singkat tentang pengertian passion. Passion adalah suatu hal yang sangat Sobat sukai, dan jika dilakukan maka waktu aktivitas Sobat pun akan berjalan  terasa sangat cepat.

Dari pengertian singkat di atas, Sobat akan mengetahui bahwa ngeblog  itu memerlukan passion. Suatu hal jika dilakukan dengan senang hati, pasti hasilnya akan menjadi lebih baik. Begitu pun terkait blogging, semakin ada kesesuaian antara passion dan niche blog Sobat, maka hasil tulisan blog Sobat pasti akan menjadi lebih berkualitas. Tingkat kejenuhan yang akan Sobat alami juga pasti akan berkurang atau bahkan nyaris hilang.

Sebagai contoh, jika Sobat suka otak-atik data di excel, maka akan lebih baik jika Sobat membuat blog yang berisi topik tutorial excel atau tips seputar rumus excel, daripada menulis blog tentang game.

2. Giatlah Mencari  Informasi Mengenai Hal Sesuai Niche Blog Sobat !

Setelah mengetahui passion Sobat, biasanya pengakses internet akan tertarik untuk mencari sebanyak mungkin informasi terkait sama passion mereka.  Ini artinya antara passion Sobat dengan para pengunjung sangatlah sinkron. Dengan begitu pengetahuan yang mereka miliki akan semakin meningkat dengan perantara rajin membaca artikel yang Sobat buat, dan tentunya Sobat juga selalu membuat tulisan baru minimal 1 artikel dalam setiap harinya.

Nah, dengan demikian tentunya untuk menambah pengetahuan dan meningkatnya kualitas artikel yang Sobat ciptakan, Sobat harus selalu mencari pengetahuan tambahan tentang sesuatu yang terkait dengan niche blog Sobat.

Hal tersebut mutlak diperlukan karena untuk antisipasi ketika Sobat kehabisan ide untuk membuat artikel baru, sehingga Sobat dapat menulis artikel yang Sobat baca di blog atau buku tempat Sobat menimba ilmu untuk dijadikan bahan ide artikel Sobat.  Jadim, Sobat tidak perlu takut lagi terhadap istilah kehabisan ide.

3. Perhatikan Tingkat Kepopuleran dan Persaingan !

Salah satu cara agar blog Sobat dapat dikunjungi banyak orang adalah dengan memilih topik atau niche yang populer dan banyak dibutuhkan orang lain. Hal ini sudah tidak perlu lagi diragukan lagi kebenarannya.

Namun yang biasanya menjadi masalah adalah ketika Sobat ingin membuat suatu blog dengan niche populer tapi memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Kalau saingannya masih sama-sama blog baru mungkin bukan masalah besar, yang menjadi masalah adalah ketika saingan Sobat adalah blog-blog dengan nama besar yang sudah dikenal masyarakat luas maupun telah disukai oleh mesin telusur.

Contoh, Sobat ingin membuat blog yang berisi artikel tentang HP dengan harapan memiliki ribuan pengunjung per harinya. Harapan ini bisa saja terwujud jika Sobat memulainya sebelum blog-blog populer lahir. Walaupun Sobat memiliki konten yang serupa, tapi pengunjung kemungkinan besar akan memilih blog yang populer daripada memilih blog yang masih baru.

Memilih blog dengan niche yang  memiliki persaingan ketat itu sebenarnya tidak apa-apa, karena memang tidak ada peraturan yang melarangnya. Asal Sobat mau berusaha untuk tetap memberikan hasil terbaik untuk blog Sobat, mungkin Sobat bisa mengubah pSobatngan pengunjung agar lebih memilih blog Sobat ketimbang blog lainnya.

4. Sebaiknya Jangan Pilih Niche yang Cepat Kadaluwarsa !

Jangan salah pengertian ya, yang Admin maksud dengan kadaluwarsa di sini bukan kadaluwarsa seperti pada produk makanan atau minuman, tapi kadaluwarsanya suatu niche pilihan Sobat. Kadaluwarsa dalam niche adalah ketika niche yang Sobat pilih sudah jarang dibutuhkan, bukan tidak bisa digunakan. Misalnya, pada suatu masa ada hal yang viral di jagat maya lewat sosial media, dan Sobat tertarik untuk bikin blog topik viral tersebut, ya bisa dipastikan perkara cepat viral umumnya cepat pudar kepopulerannya.

Niche berkualitas baik harus memiliki tanggal kadaluwarsa lama supaya blog pemakai niche tersebut tetap eksis ketika muncul persaingan niche. Janganlah Sobat menyesal nantinya ketika blog Sobat tiba-tiba sepi pengunjung karena memilih niche yang tidak pas.

Salah satu cirikhas niche yang mau bertahan dalam waktu yang sangat lama adalah niche yang erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Contohnya, makanan, blog yang memberikan informasi dan tips seputar resep makanan atau masakan pasti akan bertahan sangat lama, karena makanan merupakan kebutuhan yang sangat pokok.

5. Aturlah Waktu Posting Artikel di Blog Sobat!

Setelah Sobat memahami  empat tips sebelumnya, langkah selanjutnya yang harus Sobat perhatikan adalah mengatur waktu jadwal posting tulisan blog Sobat. Setiap niche memiliki durasi yang berbeda dalam penulisannya, ada yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 60 menit ada juga yang membutuhkan waktu 1 jam lebih.

Sobat harus memperhatikan hal ini jika Sobat termasuk orang yang sibuk. Misalnya Sobat adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang sebentar lagi akan mengikuti ujian, selain harus belajar untuk mempersiapkan ujian, Sobat juga harus ngeblog agar konten di blog Sobat selalu terisi dengan artikel-artikel yang baru dan/atau agar pendapatan Sobat tetap mengalir jika memang blog Sobat sudah bisa menghasilkan uang dari Google Adsense maupun sumber lainnya. Jika Sobat pintar mengatur waktu, hal seperti ini mungkin bukan menjadi masalah. Sobat pasti punya waktu senggang di sela-sela kesibukan Sobat? jika ya, gunakan waktu senggang itu untuk blogging, jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak penting.

Demikian 5 Tips Memilih Niche yang Tepat untuk Blog atau Website Sobat. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Niche Blog Paling Tepat Ini Wajib Anda Lakukan !"